Doa untuk Ayah yang Telah Meninggal

Doa untuk Ayah yang Telah Meninggal

DOA ISLAM - Islam mengajarkan setiap anak untuk mendoakan orang tua, termasuk bagi ayah yang sudah meninggal. Sebab, doa untuk ayah yang sudah meninggal ibarat hadiah dari anak kepadanya.

Apalagi jika anak mendoakan ayah yang sudah meninggal agar Allah SWT mengampuni dosa-dosanya di akhirat dan meringankan jalannya menuju surga.

Hal ini seperti yang tertuang dalam hadits riwayat Syekh Nawawi, seperti dikutip dari Nahdlatul Ulama (NU) berikut.

هَدَايَا الْأَحْيَاءِ لِلْأَمْوَاتِ الدُّعَاءُ وَالْإِسْتِغْفَارُ

Artinya: Hadiah orang-orang yang masih hidup kepada orang-orang yang telah meninggal dunia adalah doa dan permohonan ampunan kepada Allah (istigfar) untuk mereka.

Tak hanya baik untuk ayah yang telah meninggal, mendoakan orang tua juga membuahkan pahala bagi anak yang mendoakan.

Sebab, amalan baik ini membuahkan rida dari Allah SWT. Allah pun dapat memberikan kemudahan dalam hal rezeki dan segala urusan kepada mereka yang rajin mendoakan orang tua, termasuk yang sudah meninggal.

Maka dari itu, mulailah memberi doa kepada ayah yang telah meninggal agar Allah mengampuni dosa-dosanya.

Doa bagi ayah yang sudah meninggal dapat dilakukan kapan pun. Utamanya, setelah menunaikan salat wajib lima waktu.

Doa untuk Ayah yang Sudah Meninggal

Berikut bacaan doa untuk ayah yang sudah meninggal.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ وَارْحَمْهُمْ وَعَافِهِمْ وَاعْفُ عَنْهُمْ. اللَّهُمَّ اَنْزِلِ الرَّحْمَةَ وَالْمَغْفِرَةَ وَالشَّفَاعَةَ عَلَى أَهْلِ الْقُبُوْرِ مِنْ أَهْلِ لَاالَهَ اِلَّا اللهُ مُحَمَّدٌ رَّسُوْلُ اللهِ.

Allahummaghfir lahum, warhamhum, wa 'afihim, wa'fu 'anhum. Allahumma anzilir rahmata, wal maghfirata, was syafa'ata 'ala ahlil quburi min ahli la ilaha illallahu Muhammadun rasulullah.

Artinya: Ya Allah, berikanlah ampunan, kasih sayang, afiat, dan maaf untuk mereka. Ya Allah, turunkanlah rahmat, ampunan, syafa'at bagi ahli kubur penganut dua kalimat syahadat.

Setelah membaca doa tersebut, Muslim dapat melanjutkannya dengan membaca doa sapu jagat sebagai berikut.

رَبَّنَا آتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً، وَفِى الْآخِرَةِ حَسَنَةً، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، سًبْحَانَ رَبَّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ، وَصَلَّى اللهُ علَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ. اَلْفَاتِحَةْ

Rabbana atina fid dunia hasanah, wa fil akhirati hasanah, wa qina 'adzaban nar. Subhana rabbika rabbil 'izzati 'an ma yashifuna, wa salamun 'alal mursalina, wa shallallahu 'ala sayyidina Muhammadin, wa 'ala alihi, wa shahbihi, wa sallama, wal hamdulillahi rabbil 'alamin.

Artinya: Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungi kami dari siksa api neraka. Maha Suci Tuhanmu, Tuhan pemilik kemuliaan, dari segala yang mereka gambarkan. Semoga kesejahteraan melimpah untuk para rasul. Semoga Allah melimpahkan selawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan sahabatnya. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam.

Kemudian, lanjutkan dengan membaca salawat nabi dan surah Al-Fatihah sebagai penutup.

Demikian bacaan doa untuk ayah yang sudah meninggal. Semoga bermanfaat.



Artikel ini telah dimuat di www.cnnindonesia.com dengan Judul "Doa untuk Ayah yang Sudah Meninggal: Arab, Latin, dan Artinya" pada 2023-03-04 10:00:00

0 Komentar